Pengertian SI dan TI

Hai, kali ini saya akan menjelaskan mengenai  sistem informasi dan teknologi informasi. Nah, mari kita mulai Apa itu sistem informasi dan teknologi informasi ?

bisnis-teknologi-informasi

Berikut saya akan menjelaskan, dari pengertian sistem informasi adalah pelengkap dari teknologi informasi dan kegiatan yang menggunakan teknologi untuk mendukung sistem operasi dan manajemen. Yang dimaksud dalam arti yang luas  sistem informasi itu  sering  juga digunakan untuk berinteraksi kepada orang, proses,data, dan teknologi.

Sedangkan teknologi informasi ialah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data,memproses, dan hal lainnya dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang akurat, dan bisa digunakan untuk keperluan diri kit sendiri , bisnis, dan pemerintahan,juga teknologi informasi itu itepat untuk mengambil keputusan.

Apa perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi ?

Perbedaan pada Sistem Informasi juga pada Teknologi Informasi , Sistem Informasi adalah sistem yang menyediakan informasi untuk para penggunanya , sedangkan Teknologi Informasi lebih kepada teknologi yang dipakai untuk membantu kegiatan yang dilakukan oleh Sistem Informasi.

Sejarah sistem informasi dan teknologi informasi

saya akan menjelaskan bagaimana perkembangan pada sistem informasi, Awal sejarah perkembangan sistem informasi itu dimulai dengan adanya,  kegiatan yang dilakukan oleh manusia kuno, dengan tidak adanya perangkat teknologi canggih seperti saat ini, yaitu komputer dan telepon seluler. Ada empat tahap yang dilalui dalam perkembangan sitem informasi,saya akan jelaskan dibawah ini, yaitu:

sejarah perkembangan sistem informasi

  • Pra Mekanik

Pada periode ini, komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun 3000-2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan pesan. Contohnya adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini Lebanon) menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan. Bangsa Romawi Kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini menjadi alfabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari papirus yang dilekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa Mesir Kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang disebut abakus.

  • Mekanik

Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung data.

  •  Elektromekanik

Pada masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.

  • Elektronik

Jean Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet yang anda gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk pemerintah, penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi sosial. Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya. Mereka lalu menjual rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi secara massal.

Setelah keempat era ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Ditemukannya sistem operasi UNIX, komputer dari Apple, sistem operasi Windows, Linux, era dot com dan masih penemuan terbaru lainnya yang belum bisa kita sebutkan satu persatu. Semoga artikel penjelasan sejarah perkembangan sistem informasi di atas bisa menambah pengetahuan kamu di dunia komputer.

Sejarah teknologi informasi

Perkembangan peradaban manusia dimulai dengan berkembangnya cara penyampaian informasi (informasi), mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti, sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang dikenal dengan nama internet.

  1. Masa Prasejarah

Pada zaman ini, teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh manusia berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal. Untuk menggambarkan informasi yang diperoleh, mereka menggambarkannya pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Pada zaman prasejarah mulai diciptakan dan digunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, dan isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.

  1. Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)
  1. Tahun 1455

Pada 1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.

2. Tahun 1830

Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital

3. Tahun 1837

Telegraf dan Penemunya (Samuel Morse)

Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. Namun sinyal-sinyal yang dapat dikirim dengan baik hanya berada dalam jarak 32 km. Untuk jarak yang lebih jauh, sinyal-sinyal yang diterima menjadi terlalu lemah untuk direkam. Kemudian, Morse membangun peralatan relai yang ditempatkan di setiap 32 km dari stasiun sinyal. Relai tersebut berfungsi untuk mengulangi sinyal yang diterima dan mengirimnya kembali ke 32 km berikutnya. Relai terdiri dari sakelar yang dioperasikan secara elektromagnetik. Sistem telegraf kemudian segera digunakan untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman pesan secara cepat untuk jarak yang jauh, seperti surat kabar dan pesan untuk perjalanan kereta api.

4. Tahun 1877

Pada 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879, sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua pelanggan. Sistem penomoran telepon menggunakan huruf dan angka, dimana nomor telepon menggunakan sistem dua huruf dan lima digit angka.

5. Tahun 1889

Pada 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus yang dilakukan pada 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro Sensus tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.

Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis.

6. Tahun 1931

Pada 1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.

7. Tahun 1939

Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama. Sejak saat ini, komputer terus mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih.

8. Tahun 1973 – 1990

Pada masa ini, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang TCP/IP. Yang dimaksud adalah, internet (interconnected networking) diartikan sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada 1969 sebagai ARPANET yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET di antaranya adalah kaedah rangkaian tanpa pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).

Pada 1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.

Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal sekarang. Kemudian pada 1986, IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway. Pada 1990-an, internet telah berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.

9. Tahun 1991 – Sekarang

Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya. Pada 1992, mulai terbentuk komunitas internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN. Pada 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Pada 1994, pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam berbagai segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Pada 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone. Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

 

Apa contoh sistem informasi dan teknologi informasi ?

Contoh pada teknologi informasi dan sistem informasi terdapat dalam kehidupan sehari-hari itu sangat banyak ada di bidang pendidikan,perbankan,bisnis,dan masih banyak lagi, dan juga SI dan TI ini sangat menguntungkan satu sama lain.

Saya akan menjelaskan contoh teknologi informasi dan sistem informasi dalam berbagai bidang, yaitu :

  • Bidang pendidikan

Karena saat ini teknologi pembeljaran sangat berkembang, banyak yang menggunakan e-learning sebagai pengganti kelas hal ini bisa menjadi hal yang efektif untuk para guru dan murid.

  • Bidang kesehatan

Pada bidang kesehatan ini contohnya seperti robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer dengan hasil  tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien., nah pada sistem informasinya ialah : Sistem berbasiskan kartu cerdas  yang bisa di­gunakan oleh juru medis untuk  riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena di dalam kartu tersebut terekam data-data mengenai pasien

  • Perbankan

Dalam dunia perbankan ini bisa sangat memudahkan parah nasabah karen apabila mereka ingin melakukan pembayaran,transfer,mencek saldo tidak perlu ke atm dan bisa menggunakan internet banking. Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor sehingga dapat digunakan untuk memantau hutang para pelanggan.

  • Bidang bisnis

Banyak sekali peluang bisnis pada era saat ini, mereka bisa menjualkan produk,barang,jasa dan lainnya.nah, dari bidang bisnis ini biasa kita kenal dengan E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, yang melalui internet. contoh pada sistem informasinya ialah :  Sistem yang dipasang pada tempat yang memung­kinkan seseorang mendapatkan informasi seperti hotel, pariwisata, pertokoan, dan lainnya.

  • Perusahaan

Penerapan Teknologi Informasi saat ini banyak digunakan oleh para usahawan. Kebutuhan para pelaku usaha  merasa perlu menerapkan Teknologi Informasi dalam lingkungan kerja karena mereka membutuhkan efisiensi dalam pekerjaan,Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP itu apa sih ? ERP adalah aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

Terimakasih 🙂

Sumber :

https://tikom2sobang.wordpress.com/topik/kelas-vii/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi/

http://11650056-si.blogspot.co.id/2013/03/perbedaan-sistem-informasi-dan.html

https://sites.google.com/site/tirtayasa/memahami-konsep-dasar-tik/gambaran-umum-sistem-informasi-dan-teknologi-informasi

https://pakteo.wordpress.com/2011/04/11/teknologi-informasi/

22 respons untuk ‘Pengertian SI dan TI

  1. Nabila Chinintya w berkata:

    halo ka… aku masih SMA dan masih bingung nih menentukan pilihan jurusan. kira2 prospek kerja yg ditawarkan dari lulusan ti ataupun si itu seperti apa ya? soalnya saya inginnya sastra mesin… terimakasih kaa.
    .
    .
    .
    .
    jan lups donggg di komen uuuuuuu –>> Nabilachw.wordpress.com

    Suka

Tinggalkan komentar